Daftar Isi

Sabtu, 13 November 2010

Sebuah Contoh RPP

Sebuah Contoh RPP di Jepang

RPP
Jam            : 08.00 – 08.50
Kelas          : VII
Sekolah     : SMP Toyosaiki
Tempat      : Laboratorium

1.     Materi
        Atom dan molekul     
2.     Standar kompetensi
        Memahami klasifikasi zat
        Kompetensi Dasar
·   Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
·   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
3.     Pelaksanaan pembelajaran
        siswa melakukan percobaan dengan aktif
a.       Ide dalam proses pembelajaran
·         Siswa dapat berpikir secara ilmiah mengenai susunan molekul air yang tidak dapat dilihat secara langsung, kecuali melalui percobaan
·         Siswa memahami susunan molekul yang tidak kasat mata, melalui gambar model atom
b.       Ide dalam bahan ajar
·         Siswa dapat merasa dekat dengan atom dan molekul dalam kehidupan sehari-hari melalui penggunaan air sebagai bahan percobaan
4.     Sasaran pelajaran ini
        Siswa melakukan percobaan elektrolisa air, dan mengetahui bahwa molekul air merupakan gabungan dari dua atom unsur hidrogen dan satu atom unsur oksigen dan kerena terjadinya oksigen dan hidrogen dengan perbandingan 2 : 1.
5.     Alur pelajaran kali ini
Kegiatan Pelajaran dan Respon Siswa
Kegiatan Inti Pembelajaran
1. Mengetahui sasaran (10 menit)
      mengingat kembali tentang unsur, senyawa, atom, dan molekul dari pelajaran sebelumnya
·   Senyawa diuraikan zat yang lain
·   Atom adalah ..., molekul adalah ...

  Sasaran kali ini

  Menyelidiki susunan molekul air
  melalui elektrolisa air

2.  Percobaan 1 (20 menit)
      Mengalirkan listrik di air (larutan NaOH), dan mengamati gelembung gas yang terjadi. Mengamati perbandingan volume gas A dan gas B.

3.  Percobaan 2 (15 menit)
      Menyelidiki jenis gas

4.  Menyimpulkan (15 menit)
      Mendiskusikan dengan kelompok mengenai susunan molekul air dari hasil percobaan, dan menulis hasil diskusi di kertas besar dengan menggunakan lambang unsur dan gambar model atom
·   Perbandingan volume oksigen dengan hidrogen yang terjadinya 1 banding 2
·   Molekul air terdiri dari 1 atom oksigen dan 2 atom hidrogen

5.  Mempresentasikan hasil diskusi (10 menit)

6.  Menjelaskan molekul air (10 menit)
1.   Ingat kembali percobaan yang lalu dan pelajaran yang lalu

2.   Memberitahukan bahwa NaOH digunakan hanya untuk membawa listrik
·   Minta siswa memperhatikan cara penggunaan larutan NaOH (kalau larutan kena baju atau yang lain, segera dicuci)
·   Berkeliling antara kelompok-kelompok dan mengajak siswa melakukan percobaan dengan tepat dan aman
·   Minta siswa mengamati volume gas

3.   Menjelaskan sifat masing-masing gas

4.   Bekerjasama dengan anggota kelompok, menyiapkan kertas besar dan spidol

5.   Minta siswa mempresentasikan susunan air dan alasan mereka berpikir demikian

6.   Menggunakan kartu model molekul untuk siswa agar mudah mengerti
        Evaluasi:
        Siswa dapat mengetahui oksigen dan hidrogen         terjadi dengan perbandingannya 1:2, dan         mendiskusikan susunan molekul air dengan         menggunakan model atom (pemikiran ilmiah,         LKS, kegiatan kelompok)
        Pelaksanaan: Siswa mencari petunjuk dari buku         catatan dan papan tulis
       
      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran
:
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester
:
VI/I
Waktu
:
1 Pertemuan (2 jam pelajaran)
Standar Kompetensi
:
1.   Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi Dasar
:
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (bekicot, cicak, belalang) dan lingkungan hidupnya.
Indikator
:
Melalui pengamatan dan diskusi, siswa dapat:
1.   Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tertentu misalnya bekicot, cicak, dan belalang
2.   Membandingkan ciri khusus yang dimiliki oleh hewan tertentu misalnya bekicot, cicak, dan belalang
3.   Menjelaskan ciri-ciri lingkungan khusus hewan yang memiliki ciri khusus seperti bekicot, cicak, dan belalang
4.   Mendeskripsikan hubungan antara ciri khusus hewan tertentu dengan lingkungannya
         A. Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan pengamatan dan diskusi siswa dapat menyebutkan:
1.   Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan misalnya bekicot, cicak, dan belalang
2.   Perbedaan ciri khusus yang dimiliki hewan tertentu dengan hewan yang lainnya
3.   Hubungan antara ciri khusus hewan dengan habitat/lingkungannya

         B.   Materi Ajar
               Hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan dan lingkungannya

         C.  Metode Pembelajaran
Metode: Diskusi tipe STAD, pengamatan (observasi), tanya jawab, dan ceramah
Model: Siklus belajar (eksplorasi, pengenalan konsep, dan penerapan konsep)

         D. Langkah-Langkah Pembelajaran
               1.   Kegiatan Awal (10 menit)
      o             Appersepsi: Siswa menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan beberapa jenis         hewan ciptaan Tuhan yang terlihat dalam perjalanan dari rumah sampai    sekolah
o             Motivasi: Siswa memperoleh informasi tentang tujuan dari kegiatan pembelajaran, sambil mengecek ulang tugas yang diberikan guru sebelumnya (membawa bekicot, cicak, dan belalan)
            2.   Kegiatan Inti (60 menit)
o        Eskplorasi
1.   Siswa membentuk kelompok 4 – 5 orang (heterogen)
2.   Diperlihatkan pada siswa bekicot dan ajukan pertanyaan; apa yang anda ketahui tentang bekicot?
3.   Semua jawaban siswa ditampung (ditulis di papan tulis)
4.   Siswa diberi kesempatan untuk memeriksa (pengamatan) keadaan yang sesungguhnya dan diberi kesempatan untuk merumuskan hal-hal yang tidak sesuai dengan jawaban mereka semula




o        Pengenalan konsep
1.      Guru memperkenalkan ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan misalnya bekicot, cicak, dan belalang
2.      Siswa merumuskan kembali pengetahuan mereka tentang ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan
3.      Guru memberikan masalah tentang “temukan perbedaan ciri bekicot, cicak, dan belalang”
4.      Siswa mendiskusikan secara berkelompok dengan mengamati tiga jenis makhluk hidup yang telah mereka bawa
5.      Siswa mencari tambahan rujukan (menulis) tentang hubungan antara ciri khusus hewan dengan habitat/lingkungannya melalui buku teks

o        Penerapan konsep
1.      Secara berkelompok siswa melaporkan hasil
2.      Secara bersama-sama siswa merumuskan cara mengumpulkan/menemukan bekicot, cicak, dan belalang dari lingkungan

3.   Kegiatan Akhir (15 menit)
o Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan dengan menggunakan kartu
   tentang hubungan antara ciri khusus beberapa jenis hewan dengan lingkungannya

                  E.   Alat/Bahan/Sumber Belajar
            1. Akrab dengan Dunia IPA 6, halaman 2 sampai halaman 7
            2. Tiga jenis hewan; bekicot, cicak, belalang
            3. Buku-buku ilmu pengetahuan flora dan fauna
                   
         F.   Penilaian (lembar penilaian terlampir)
1. Posedur: tes
2. Bentuk: tertulis, kinerja
3. Jenis: pilihan ganda dan isian
4. Instrumen:
        a. Uji Pemahaman, halaman 7
                    b. Evaluasi ahir bahasan halaman 13


                                                                                                Temanggung, 12-11-2009
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                       Guru Kelas

  TTD, stempel                                                                                  TTD

Drs. Dukung Saheli                                                                 Dra. Suka Sumangati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar